Daftar Blog Saya

Minggu, 04 Desember 2016

Karangan Ilmiah

Karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Ciri khusus dari karangan ilmiah yaitu harus ditulis secara jujur dan akurat berdasarkan kebenaran tanpa mengingat akibatnya (Brotowijoyo, 1985)

Karangan ilmiah yang baik baik dan benar dapat memberikan informasi mengenai bermacam-macam ilmu pengetahuan. Dalam penyampaian informasi tersebut digunakan bahasa yang mudah dipahami oleh para pembaca. Kegiatan penulisan karangan ilmiah akan melatih para intelektual menjadi lebih terampil mengembangkan ilmu pengetahuannya.

Jenis-jenis karangan ilmiah antara lain:

1. Makalah.
Makalah adalah suatu karya tulis ilmiah yang pendek dan sederhana, menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data dan fakta yang bersifat objektif.

2. Kertas Kerja.
Kertas kerja adalah suatu karya ilmiah yang disajikan dalam semianar lokakarya.

3. Skripsi.
Skirpsi adalah karya ilmiah yang ditulis oleh seorang mahasiswa sebagau syarat untuk memeroleh gelar sarjana.

4. Tesis.
Tesis adalah karya ilmiah yang mengungkapkan pengetahuan baru yang diperoleh dari penelitian sendiri, yang memperbincangkan pengujian suatu hipotesis atau lebih oleh mahasiswa pascasarjana.

5. Disertasi.
Disertasi disajikan untuk memperoleh gelar doktor. Disertasi mengemukakan dalil yang dapat dibuktikan oleh penulis berdasarkan data dan fakta yang valid dengan analisis yang padat dan padu.

Kalimat Efektif

Kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa indonesia baik ejaan maupun tanda bacanya, sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Sehingga kalimat efektif dapat memberikan pengertian kepada para pembaca seperti apa yang dimaksudkan oleh si penulis.

Kalimat efektif memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
-penekanan terhadap inti pikiran.
-kehematan pemakaian kata.
-kesejajaran/pararel.
-kesepadanan dan kesatuan.

Jika kalimat efektif yang digunakan dapat menarik atau menggugah pembaca, maka dapat dikatakan bahwa bahasa kalimat yang mendukung ide ataupun gagasan bahasa tersebut sudah cukup efektif karena dapat mewakili pemikiran si penulis kepada para pembaca.

Sekian mengenai kalimat efektif, semoga membantu. 

Microsoft Word

Microsoft Word atau  adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan dari Microsoft. Microsof word biasa digunakan untuk mengerjakan tugas. Microsoft word sangat sering digunakan di dalam pendidikan dan juga pekerjaan. 

Keberadaan Microsoft Word menggantikan pendahulunya yaitu mesin ketik. Penggunaan microsoft word juga lebih mudah daripada mesin ketik. Pengguna dapat menyimpan data dan juga mencetaknya kapan saja. 


Fungsi dari microsoft word antara lain adalah membuat dokumen dengan cepat dan mudah, dokumen juga dapat dicetak kapan saja setelah disimpan juga dapat menyimpan dokumen dalam ukuran yang kecil juga beragam. 

Selain itu word juga memiliki kelebihan daripada mesin ketik yaitu dapat mengurangi pemakaian kertas, tersedia banyak gaya tulisan, juga dapat menyimpan banyak dokumen berbagai format. 

Sekian mengenai miscrosoft word dari saya.